PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMK NEGERI PADANG CERMIN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

INFORMASI YANG TERSEDIA MASIH BISA BERUBAH SEWAKTU WAKTU HARAP BUKA TERUS WEB INI UNTUK MENGETAHUI INFO LEBIH LANJUT

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh para pembaca. Selamat datang di website resmi SMK Negeri Padang Cermin, website yang memberikan berbagai informasi update mengenai SMK Negeri Padang Cermin mulai dari profil, prestasi dan berbagai informasi yang lainya.

Pada kesempatan kali ini TIM Redaksi ingin berbagai informasi mengenai PPDB SMK Negeri Padang Cermin Tahun Pelajaran 2022/2023 sebagai berikut :

Pada Tahun Pelajaran 2022/2023 SMK Negeri Padang Cermin membuka kembali Penerimaan Peserta Didik Baru dengan Kompetensi Keahlian sebagai berikut :


AGRIBISNIS PERIKANAN AIR PAYAU DAN LAUT (APAL)


TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR (TBSM)


TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ)


MULTIMEDIA (MM)


AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA (AKL)


ASISTEN KEPERAWATAN (ASPER)


SMK NEGERI PADANG CERMIN TIDAK ADA ZONASI UNTUK PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN 2022/2023



JALUR PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)

  1. Jalur Prestasi
    – Juara 1, 2, 3 bidang akademik dan non akademik yang membawa nama Sekolah asal minimal tingkat Kabupaten (Melampirkan Fotocopy Sertifikat)
    – Ranking Umum Semester 5 di sekolah asal (Melampirkan surat keterangan dari Kepala Sekolah asal)
    – Ranking Kelas Semester 5 (Melampirkan Fotocopy Rapor Sem 5)
  2. Jalur Reguler/Umum

WAKTU PENDAFTARAN, PENGUMUNAN, PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH DAN AWAL PBM

  1. Pendaftaran Online dan Offline : 27 s/d 30 Juni 2022
    Pendaftaran Offline bisa dilakukan apabila calon pendaftar memiliki kendala saat mendaftar Online (Bisa datang langsung ke SMK Negeri Padang Cermin di jam kerja)
  2. Tes Tertulis, Tes Buta Warna & Fisik dan Pengumpulan Berkas Offline : 04 Juli 2022
  3. Tes Wawancara dan Jurusan Offline : 05 s/d 07 Juli 2022
  4. Pengumuman Online dan Offline : 08 Juli 2022
  5. Daftar Ulang Offline : 11 s/d 12 Juli 2022
  6. MPLS : 18 s/d 20 Juli 2022
  7. Awal PBM : 18 Juli 2022

SYARAT PENDAFTARAN

  1. Telah dinyatakan lulus dan memiliki ijazah/Surat Keterangan Lulus  dari SMP/MTs/Paket B;
  2. Berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada awal Tahun Pelajaran 2022/2023 (1 Juli 2022);
  3. Memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan spesifik kompetensi keahlian yang dituju;
  4. Tidak buta warna bagi jurusan tertentu;

BERKAS YANG DIBAWA SAAT PENGUMPULAN BERKAS

  1. Kartu Bukti Pendaftaran (Kartu Peserta PPDB) (2 lembar).
  2. Form Kelengkapan Berkas (1 Lembar).
  3. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (1 lembar).
  4. Fotocopy dilegalisir Ijazah dan menunjukkan asli : Ijazah dan SKHU SMP/MTs/Paket B  (lulusan tahun sebelumnya) (1 Lembar);
  5. Fotocopy dilegalisir Surat Keterangan Lulus (Peserta didik TP. 2021/2022)(1 Lembar);
  6. Fotocopy dan menunjukkan asli Rapor SMP/MTs/Paket B kelas VII s.d IX (Semester 1 s/d 5) (1 lembar);
  7. Pas Photo berwarna 3×4 (3 lembar);
  8. Fotocopy Akta Kelahiran (1 lembar);
  9. Fotocopy Kartu Keluarga dengan menunjukkan aslinya (1 lembar);
  10. Fotocopy KTP kedua orang tua (1 lembar);
  11. Tanda bukti pendaftaran online (1 lembar);
  12. Fotocopy sertifikat/piagam prestasi (jika ada).

TATA CARA PENDAFTARAN ONLINE

Dipastikan pada tahap ini tidak ada yang namanya scan data/berkas maupun upload berkas yang ada hanya menginput formulir pendaftaran. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Calon siswa mempersiapkan syarat-syarat yang diperlukan untuk mendaftar secara online antara lain : Raport Semester 1 sampai 5 (nilai pengetahuan), Kartu Keluarga, KTP Kedua Orang Tua dan berkas pendukung lainnya
  2. Membuka link pendaftaran SMK Negeri Padang Cermin yang telah di sediakan
  3. Klik Daftar Sekarang
  4. Lalu mengisikan atau input data-data pada formulir PPDB Online.
  5. Pada form pengisian nilai raport, nilai yang digunakan adalah nilai pengetahuan yang di input di form pendaftaran
  6. Lalu beri tanda ceklis pada kolom saya telah membaca dan menerima syarat & ketentuan
  7. Lalu klik Konfimasi & Daftar
  8. Lalu mengunduh dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran (Kartu Peserta PPDB), Form Kelengkapan Berkas, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak.
  9. Melihat nomor pendaftaran pada bukti pendaftaran untuk melihat jadwal Tes Tertulis, Tes Buta Warna & Fisik dan Pengumpulan Berkas & Tes Wawancara dan Jurusan Calon siswa baru.
  10. Cara unduh ulang/download ulang/cetak ulang bukti pendaftaran yang hilang langkahnya sebagai berikut:
    Buka link pendaftaran
    Lalu buka/klik menu cetak ulang
    Lalu isi NISN dan NIK saat mendaftar sebelumnya
    Lalu klik gambar cari
    Lalu unduh bukti pendaftaran

TES TERTULIS, TES BUTA WARNA & FISIK DAN PENGUMPULAN BERKAS

  1. Calon siswa baru hadir sesuai Jadwal yang telah ditentukan, untuk jadwal bisa dilihat di kartu peserta PPDB
  2. Pada tahap ini pendaftar wajib membawa kartu bukti pendaftaran.
  3. Pendaftar wajib membawa berkas-berkas yang tercantum poin berkas yang dibawa pada saat melakukan pengumpulan berkas. Berkas-berkas tersebut diatas dimasukkan ke dalam map kertas warna biru untuk laki-laki dan kuning untuk perempuan.
  4. Dan untuk melaksanakan tes tertulis bagi pendaftar yang memiiki Android/Iphone wajib dibawa karena ujian tertulis menggunakan HP.
  5. Calon peserta didik tiba di tempat pengumpulan berkas dan tes.
  6. Panitia mengecek kelengkapan berkas verifikasi dan melakukan tes.

TES WAWANCARA DAN JURUSAN

  1. Calon siswa baru hadir sesuai Jadwal yang telah ditentukan, untuk jadwal bisa dilihat di kartu peserta PPDB.
  2. Pada tahap ini pendaftar wajib membawa kartu bukti pendaftaran.
  3. Calon peserta didik tiba di tempat dan tes.
  4. Panitia melakukan tes.

TATA CARA MELIHAT PENGUMUMAN HASIL SELEKSI

Secara Offline


TATA CARA DAFTAR ULANG

Calon siswa yang dinyatakan diterima harus melaksanakan daftar ulang secara offline dengan ketentuan :

  1. Saat melakukan Daftar Ulang datang langsung ke SMK Negeri Padang Cermin sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
  2. Bagi peserta didik yang dinyatakan lulus tetapi tidak mendaftar ulang sampai batas waktu yang ditetapkan dan Orang Tua/Wali Murid yang tidak hadir di SMK Negeri Padang Cermin untuk melakukan wawancara orang tua dengan jadwal yang sudah tertera sesuai jurusan diatas, maka dianggap mengundurkan diri dan haknya dinyatakan gugur sebagai calon peserta didik baru.

LINK PENDAFTARAN ONLINE