Sejarah SMK Negeri Padang Cermin

Awal mula berdirinya SMK Negeri Padang Cermin didasarkan atau keinginan masyarakat dan pamong serta sesepuh warga Desa Way Urang Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran dikarenakan masyarakat merasa sedih melihat anak anak Desa Way Urang yang lulus SMP dan ingin melanjutkan sekolah kejenjang lebih tinggi harus menempuh kilo tempatnya harus Bandar lampung.
SMK Negeri Padang Cermin dulu hanya sekolahan kecil dan lokasinya menyatu dengan SMP Negri 2 Way Urang yang sekarang SMP Negri 4 Lampung Selatan.
SMK Negri Padang Cermin berdiri pada tanggal 08 Desember 2003 dengan SK.340/DIKNAS/HK-LS/2003 dan ditanda tangani oleh Bupati Lampung Selatan pada waaktu itu dijabat oleh bapak H. Wendy Melfa,S.H, M.H.
Pada waktu itu SMK Negeri Padang Cermin dipimpin oleh Drs.R.Joni Rene Rubiyanto sebagai kepala sekolah. Berjalannya waktu SMK Negeri Padang Cermin lambat laun menjadi sekolah besar dan semakin dikenal masyarakat luas degan prestasi-prestasinya. Jurusan yang dimiliki pada saat itu Perikanan ikan dan air payau.
Perjalanan SMK Negri Padang Cermin tidak sampai disitu, pada Oktober 2016 SMK Negeri Padang Cermin yang dinaungi Dinas Pendidikan Kabupaten Pesawaran dialihkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung dan sepenuhnya beralih ke Pemerintah Provinsi pada tahun 2017, sehingga mulai 1 januari 2017 hingga saat ini SMK Negri Padang Cermin menggunakan Cap dibawah naungan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Lampung.