PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMK NEGERI PADANG CERMIN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

INFORMASI YANG TERSEDIA MASIH BISA BERUBAH SEWAKTU WAKTU HARAP BUKA TERUS WEB INI UNTUK MENGETAHUI INFO LEBIH LANJUT

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh para pembaca. Selamat datang di website resmi SMK Negeri Padang Cermin, website yang memberikan berbagai informasi update mengenai SMK Negeri Padang Cermin mulai dari profil, prestasi dan berbagai informasi yang lainya.

Pada kesempatan kali ini TIM Redaksi ingin berbagai informasi mengenai PPDB SMK Negeri Padang Cermin Tahun Pelajaran 2021/2022 sebagai berikut :

Pada Tahun Pelajaran 2021/2022 SMK Negeri Padang Cermin membuka kembali Penerimaan Peserta Didik Baru dengan Kompetensi Keahlian sebagai berikut :

  1. Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut (APAL)
  2. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM)
  3. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  4. Multimedia (MM)
  5. Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL)

JADWAL PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

  1. Pendaftaran Online : 14 – 17 Juni 2021
  2. Verifikasi Faktual Berkas dan Tes Seleksi : 18 – 22 Juni 2021
  3. Pengumuman : 23 Juni 2021
  4. Daftar Ulang : 24 – 25 Juni 2021
  5. MPLS Kelas X Baru : 07 – 09 Juli 2021
  6. Hari Pertama Masuk Awal Sekolah : 12 Juli 2021

PERSYARATAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

  1. Telah dinyatakan lulus dan memiliki Ijazah/Surat Keterangan Lulus dari SMP/MTs atau dokumen lain yang menjelaskan telah menyelesaikan kelas 9 (Sembilan) SMP/MTs.
  2. Berusia paling tinggi 21 tahun (dua puluh satu) tahun pada tanggal 01 Juli 2021.
  3. Sehat jasmani dan rohani.
  4. Tidak memiliki tato.
  5. Tidak memiliki tindik untuk pendaftar laki-laki.
  6. Tidak memiliki rambut pirang.
  7. Tidak memiliki masalah buta warna.
  8. Mengisi form pendaftaran secara online.
  9. Melakukan verifikasi faktual berkas dan mengikuti tes.
  10. Mengikuti seleksi secara online dan manual.

BERKAS YANG DIBAWA SAAT MELAKUKAN VERIFIKASI FAKTUAL BERKAS DAN TES

  1. Asli & Fotocopy STTB/SKL/SKHU/Dokumen kelulusan lainnya (asli 1 lembar & fotocopy 2 lembar)
  2. Fotocopy Rapor SMP/MTs nilai pengetahuan Semester 1 sampai 5 (2 rangkap)
  3. Fotocopy Akta Kelahiran (2 lembar)
  4. Fotocopy Kartu Keluarga (2 lembar)
  5. Fotocopy KTP kedua orang tua (2 lembar)
  6. Tanda bukti pendaftaran online (2 lembar)
  7. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak bermeterai Rp. 10.000 dan telah ditandatangi oleh orang tua/wali (1 lembar) berkas ini dapat kita peroleh saat mencetak Tanda bukti pendaftaran online
  8. Pas Photo berwarna 2×3 (4 lembar)
  9. Pas Photo berwarna 3×4 (4 lembar)
  10. Surat keterangan sehat (1 lembar)
  11. Fotocopy Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), Kartu Keluarga Harapan (KKH), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat jika ada (2 lembar)
  12. Fotocopy sertifikat/piagam prestasi jika ada
  13. Surat pindah rayon jika pendaftar berasal dari luar provinsi Lampung

TATA CARA PENDAFTARAN ONLINE

Dipastikan pada tahap ini tidak ada yang namanya scan data/berkas maupun upload berkas yang ada hanya menginput formulir pendaftaran. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Calon siswa mempersiapkan syarat-syarat yang diperlukan untuk mendaftar secara online antara lain : Raport Semester 1 sampai 5 (nilai pengetahuan), Kartu Keluarga, KTP Kedua Orang Tua dan berkas pendukung lainnya
  2. Membuka link pendaftaran SMK Negeri Padang Cermin yang telah di sediakan
  3. Klik Daftar Sekarang
  4. Lalu mengisikan atau input data-data pada formulir PPDB Online.
  5. Pada form pengisian nilai raport, nilai yang digunakan adalah nilai pengetahuan yang di input di form pendaftaran
  6. Lalu beri tanda ceklis pada kolom saya telah membaca dan menerima syarat & ketentuan
  7. Lalu klik Konfimasi & Daftar
  8. Lalu mengunduh dan mencetak file Tanda bukti pendaftaran online dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak
  9. Melihat nomor pendaftaran pada bukti pendaftaran untuk melihat jadwal Verifikasi Faktual Berkas dan Tes Jurusan Calon siswa baru.
  10. Cara unduh ulang/download ulang/cetak ulang bukti pendaftaran yang hilang langkahnya sebagai berikut:
    Buka link pendaftaran
    Lalu buka/klik menu cetak ulang
    Lalu isi NISN dan NIK saat mendaftar sebelumnya
    Lalu klik gambar cari
    Lalu unduh bukti pendaftaran

TATA CARA VERIFIKASI FAKTUAL BERKAS DAN TES

Menyikapi keadaan Pandemi Covid-19 dan dalam rangka pencegahan serta memutus mata rantai penyebaran/penularan Covid-19 maka setiap calon siswa baru pada saat verifikasi wajib mengikuti protokol kesehatan Covid-19 secara ketat:

  1. Calon siswa baru hadir sesuai Jadwal yang telah ditentukan, untuk jadwal bisa dilihat di kartu peserta PPDB
  2. Pada tahap ini pendaftar wajib membawa berkas-berkas yang tercantum poin berkas yang dibawa pada saat melakukan verifikasi faktual berkas dan tes. Berkas-berkas tersebut diatas dimasukkan ke dalam map kertas warna biru dan kuning.
  3. Calon peserta didik tiba di tempat Verifikasi di wajibkan menggunakan masker, diarahkan untuk mencuci tangan dengan sabun/diberi hand sanitizer dan dites suhu tubuhnya.
  4. Calon peserta didik memasuki ruang tunggu yang telah disiapkan (jarak antara kursi 2 meter) dan telah disemprot dengan disinfektan.
  5. Calon peserta didik di panggil ke meja verifikasi sesuai dengan nomor urut antrian.
  6. Panitia mengecek kelengkapan berkas verifikasi dan melakukan tes
  7. Setelah selesai melakukan verifikasi calon peserta didik baru di himbau untuk langsung pulang kerumah masing-masing.

TATA CARA MELIHAT PENGUMUMAN HASIL SELEKSI

Penguman hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Negeri Padang Cermin dilakukan secara online dengan cara sebagai berikut:

  1. Membuka link pengumuman PPDB SMK Negeri Padang Cermin yang telah di sediakan
  2. Lalu mengunduh dan mencetak Surat Keputusan Penetapan Siswa yang diterima & Surat Pernyataan Orang Tua dan Siswa
  3. Lalu Cari Nama Calon Peserta yang di terima di SMK Negeri Padang Cermin

TATA CARA DAFTAR ULANG

Calon siswa yang dinyatakan diterima harus melaksanakan daftar ulang secara online dengan ketentuan :

  1. Membuka link Daftar Ulang SMK Negeri Padang Cermin yang telah di sediakan
  2. Mengisi Formulir Daftar Ulang melalui link yang telah di sediakan.
  3. Mengunduh dan mencetak Surat Keputusan Penetapan Siswa yang diterima & Surat Pernyataan Orang Tua dan Siswa dan dibawa pada saat jadwal wawancara orang tua sesuai waktu yang telah ditentukan oleh panitia PPDB SMK Negeri Padang Cermin. Untuk formatnya dapat di download di Link Pengumuman
  4. Untuk jadwal wawancara orang tua dilakukan setelah calon siswa baru melakukan daftar ulang secara online (untuk jurusan disesuaikan dengan hasil pengumuman) sebagai berikut :
    Kamis, 24 Juni 2021 jam: 08.00 – 10.00 WIB Jurusan Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut
    Kamis, 24 Juni 2021 jam: 10.00 – 12.00 WIB Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor
    Kamis, 24 Juni 2021 jam: 13.00 – 15.00 WIB Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan
    Jum’at, 25 Juni 2021 jam: 08.00 – 10.00 WIB Jurusan Multimedia & Akuntansi dan Keuangan Lembaga
    Dengan ketentuan sebagai berikut:
    Menggunakan Masker.
    Membawa Surat Keputusan Penetapan Siswa yang diterima berikut lampiran daftar nama siswa-siswi yang diterima.
    Membawa surat pernyataan pernyataan orang tua dan siswa bermaterai
  5. Bagi peserta didik yang dinyatakan lulus tetapi tidak mendaftar ulang sampai batas waktu yang ditetapkan dan Orang Tua/Wali Murid yang tidak hadir di SMK Negeri Padang Cermin untuk melakukan wawancara orang tua dengan jadwal yang sudah tertera sesuai jurusan diatas, maka dianggap mengundurkan diri dan haknya dinyatakan gugur sebagai calon peserta didik baru.

LINK PENDAFTARAN ONLINE


LINK PENGUMUMAN HASIL SELEKSI


LINK DAFTAR ULANG ONLINE