MASA DASAR PEMBINAAN FISIK & MENTAL (MADABINTAL) 2023

MADABINTAL SMK Negeri Padang Cermin Bentuk Pribadi Tangguh & Berkarakter Pancasila

Masa Dasar Pembinaan Fisik dan Mental atau yang sering di singkat MADABINTAL merupakan Agenda Tahunan yang Rutin di selenggarakan oleh SMK Negeri Padang Cermin.
Giat Madabintal bertujuan untuk mengenalkan dan membiasakan para Siswa/i tingkat pertama agar mampu beradaptasi dengan lingkungan dan cara hidup Siswa/i di lingkup pendidikan, rangkaian kegiatan Mabintal ini berhubungan dengan kedisiplinan, sikap tangguh, bekerja secara efisien, dan tepat waktu, karena notabenenya SMK Negeri Padang Cermin adalah sekolah dengan karakteristik disiplin demi membentuk pribadi yang bertanggungjawab, tangkas, dan taat pada peraturan yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

SMKN Padang Cermin melaksanakan Madabintal di sekolah setempat pada 25-26 Agustus 2023.

Madabintal diikuti peserta didik tingkat pertama tahun pelajaran 2023/2024 bekerjasama dengan TNI AL Lampung.

Kepala SMKN Padang Cermin, bapak Hadi Suwarno, A.Pi., M.Si, mengatakan Madabintal dilaksanakan selama dua hari, untuk membina fisik, mental, serta akhlak siswa ditengah dampak dari perkembangan teknologi.

Melalui kegiatan ini, siswa diharapkan akan lebih menjadi lebih disiplin dan memiliki tanggung jawab, serta berkepribadian yang baik sesuai profil pelajar Pancasila.

“Madabintal sesuai namanya, artinya siswa akan diberikan pembinaan fisik maupun mental, agar siswa ke depan lebih baik,” ujar bapak Hadi Suwarno, A.Pi., M.Si. usai membuka kegiatan Madabintal, Jumat, 25 Agustus 2023.

Banyak hal positif yang akan diperoleh siswa pada Madabintal ini. Seperti, para siswa tidak mudah terpengaruh serta mampu membentengi diri dari hal-hal yang tidak baik.

“Kita ketahui bersama, era saat ini masyarakat mudah mendapatkan informasi yang belum tentu kebenarannya baik melalui media sosial, internet, dan sebagainya. Melalui Madabintal, insyaallah siswa lebih selektif memperoleh informasi,” ujarnya.

“Belum lagi dengan aksi tawuran dan geng motor yang marak akhir-akhir ini. Dengan memperoleh materi dari TNI AL pada Madabintal ini para siswa tidak mudah lagi terprovokasi,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, bapak Hadi Suwarno juga mengucapkan terima kasih kepada para orangtua dan wali murid yang sudah mendukung penuh kegiatan Madabintal yang dilakukan SMKN Padang Cermin.

“Ternyata saya diapresiasi oleh orangtua siswa dengan dilakukannya kegiatan ini. Sebab, mereka juga khawatir anaknya mudah terprovokasi dari hal yang tidak baik. Melalui Madabintal ini, mereka menjadi lebih tenang,” ujarnya.

“Selama Madabintal, saya, guru dan tenaga kependidikan, serta 4 personel dari TNI AL juga akan ikut bersama para siswa selama pelaksanaan kegiatan,” tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Waka Kesiswaan SMKN Padang Cermin, Eko Saripamuji, S.Pd yang saat itu hadir mendukung penuh kegiatan Madabintal yang dilaksanakan SMKN Padang Cermin.

Melalui Madabintal ini, ia berharap para siswa SMKN Padang Cermin ke depan tidak lagi mudah terpengaruh dengan lingkungan tidak baik, serta bisa menjadi pribadi berkarakter yang selalu berfikir positif.